Jumat, 13 Januari 2012

Backpacker 28 Desember 2011 (sampe wonosobo meluncur ke Dieng)


28 Desember 2011

Kami sampai wonosobo sekitar jam 7 pagi. Lumayan lama perjalanan kami, 13 jam. Bisnya berjalan pelan kalo hujan. Ketika sampai terminal wonosobo, ternyata kami kelewatan, seharusnya kami turun di alun²/plasa. Karena kemarin kami nanya ke kondektur katanya ada yg langsung ke dieng dari terminal, ga taunya adanya dr alun²/plasa. Untung ada penumpang bis seorang bapak yang baik. Beliau ngasih tau kami naik apa aja kalo dari terminal.
Kami naik angkot warna kuning, bapak itu yang memberhentikan angkot itu dan berbicara kepada supir pakai bahasa jawa. Lalu kami naik angkot tersebut. Ketika di perjalanan kami memperhatikan jalan, dan melihat penumpang yang turun membayar berapa. Lalu pak supir memberitahu kalo kami tidak diturunkan di plasa, karna kalo dari situ lama ngetemnya, nunggu penumpang dulu. Jadi kami diturunkan di pertigaan PLN Wonosobo. Dari situ kami selalu bertanya kepada kondektur bis seperti kopaja/metro mini. Kami nanya lewat dieng atau ga. Karena gw yg di belakang supir, gw bilang sama pak supirnya turun di pertigaan dieng. Wahh asli ya.. pas pertama kali sampai terminal wonosobo itu dinginnyaaaaaa minta ampun. Apalagi pas kami perjalanan ke dieng,wuhhhh dinginnyaaaa…. Salut gw sama pak supirnya, ga pake jaket, Cuma pakai kemeja biasa sama celana panjang biasa, kalo kondekturnya Cuma pakai jaket biasa aja. Karna mereka udah terbiasa kali ya sama cuaca di wonosobo. Perjalanannya lumayan jauh, lalu melewati jalan yang berkelok-kelok. Kami melewati jalan yang longsor karena banjir. Wahh… rada² merinding. Kondekturnya nunjukkin TKP sambil cerita. Tambah kenceng aja gw pegangan kursi sama besi yg ada di deket jendela. Kita merhatiin jalan, ada jalan yang ga ada pembatasnya. Merinding gannnn...
Dan akhirnya kita sampai di tujuan. Kita turun di pertigaan Dieng. Waktu kita mau turun, kita tanya sama pak supir+kondektur dari sini terus kemana lagi. Kata supirnya lumayan, tapi ga jauh. Pas turun daru bis gw udah mulai pake kaos kaki ditambah pake sarung tangan. Asli, ga kuat gw sama dinginnya. Dan semua temen gw juga langsung pada pake perlengkapan penghangatnya. Temen gw, si maya langsung beli sarung tangan, kebetulan pas kita turun dari bis di situ ada warung yang jualan perlengkapan penghangat dari jaket, sarung tangan, syal, dll. 
Setelah itu kita langsung meluncur ke dieng. Lumayan sih ya perjalanannya. Pas udah sampai sana, kita semua langsung nyari toilet. Ternyata ada musholla di situ. Jadi kita ke musholla dulu, naro tas kita semua. Dan gw langsung nyari colokan di musholla, ternyata ada banyak lobangnya, langsung gw colok hp gw, maklum batrenya udah somplak, padahal hp gw matiin di perjalanan. Gw nyalain hp bwt ngecek aja ada sms, bbm, ym, atau tweet yang masuk.
Lalu ganti²an kita ke toilet. Lw tau ga apa yang terjadi di toilet? ayo coba tebakkkk... mengejutkan bangettttttttttttttt. Airnya dingin........ bener² dinginnnn kaya air es. Haduh okonya ampun deh. Rencananya kita semua ke toilet itu mau cuci muka, gosok gigi, BAK, BAB, kalo bisa sih mandi. Ehhh airnya dinginnya luar biasa jadi kita melakukan itu semua kecuali mandi. Ga tau apa yang terjadi kalo kita tetep nekat mandi. Brrrrrrrrrrrrrrrr. 
Setelah di beres. Kita semua mencari warung. Kalo gw nyari yang bisa ngangetin badan, kalo yang lain apa aja, kecuali sardon yang maunya makan nasi, katanya sih biar kenyang. Wakwak. Akhirnya kita milih warung yang pertama, warung yang deket pintu masuk. Gw langsung mesen mie rebus pake telor+cabe rawit+sawi. Gw kira sawi hijau, ga taunya sawi putih, lumayanlah yahh yang penting mie sama air panasnya. Kita semua minum teh manis panas. Anehnya, itu teh udah ngebul, tapi pas gw pegang ga berasa panasnya. Gile, dingin banget cuacanya. Mienya pun datang, gw langsung makan tanpa basa-basi, etttt...pake doa dulu. 
Terus pas kita semua udah selesai makan. Si maya nanya sama ibu yang punya warung, nanya letak candinya sama telaga warnanya jauh ga. Kata ibunya 1km, terus tinggal muterin aja jalanannya dari candi. Nah biar jalannya enak, akhirnya kita memutuskan nitipin tas di warung si ibu. Dan ibunyapun ga keberatan. Kita cuma bawa barang yang penting aja. Lalu kita jalan menurut jalan yang udah dibuat, dibuat dari blok². Tempat pertama yang kita temukan adalah candi, banyak candi di situ. Kalo ngliat itu sih kaya prambanan (gw bm pernah masuk prambanan cuma ngelewatin udah cukup, wakwak). Kita foto² di situ. Wahh asliiiii... kabutnya banyak bangetttttt. Di candi banyak banget yang foto². Ehh ada seorang pemuda membawa SLR, dan dia candid. Wakwak. Ketauannnnn
Setelah puas foto² kita menuju ke telaga warna. Waktu mau ke telaga warna kita nanya sama warga situ. Ternyata lumayan jauh. Kita ke atas lagi. Setelah nemu jalanan besar kita ngikutin jalan besar itu. Sebenernya kita rada takut, karna hujan+kabut pula, mantaplah pokonya perjalanannya. Karna kita takut kesasar, kita mau nanya lagi sama orang sekitar yang lewat. dan akhinta ketemu sama anak kecil, dan gw tanya lokasi telaga warna, kata anak itu masih lumayan jauh. Kami ga putus asa, kamu lanjutin lagi perjalanannya. Dan pas kami nemu pertigaan ngliat sebelah kanan ada plang tulisan kawah Sikidang. Akhirnya kami masuk jalur itu. Sampai loket karcis, kita ngasih tiketnya, terus kita tanya berapa jaraknya. Kata petugasnya 300 meter. Lumayan sih ya, akhirnya kita jalan menuju kawah. Ternyataaaaa jauhhhh bangettt...wakwak. Pas sampai lokasi kita jalan menuju kawah, di deket kawah ada plang bertuliskan : Bahaya! Jangan mendekati bibir kawah. Kami foto² di kawah yang kecil. Tadinya kami takut menuju ke kawah yang besar, karna sepi sekaleeee... ehhh,,, untungnya ada rombongan yang lain akhirnya kita ngikutin rombongan itu. Pas sampai sanaaa.. wahhh gede banget kawahnya. Airnya warna abu². Kaya air mendidih. Kalo ngliat itu jadi inget lumpur Lapindo di Sidoarjo :(. Kami foto² di kawah besar ini *teteppppp eksis*

0 komentar:

Posting Komentar